Belajar Membaca Secara Sederhana

Rekan-rekan semuanya...
Belajar membaca bagi anak-anak bisa dilakukan dengan berbagai metode. Ada metode eja, suku kata, serta metode yang lainnya. Bagi saya, yang belum lama ditugaskan menjadi guru di kelas 1, tahun ini saya mencoba mengajarkan membaca dengan metode eja, namun dengan cara yang sederhana menurut saya.
Anak-anak yang sudah dapat mengeja satu suku kata, setelah saya perhatikan, belum tentu membaca dengan benar saat suku kata tersebut dirangkai dengan suku kata yang lain menjadi sebuah kata.
Misalnya sa-pi. Anak kadang membacanya : sasi. Supaya benar kuncinya sering berlatih.
Pada awalnya, anak-anak saya ajarkan mengenal 3 vokal yang sering digunakan dalam pengucapan kata-kata. Dan saya kenalkan pula dengan 3 konsonan dulu, yaitu b-c-n. Pertimbangannya sebagai konsonan di awal urutan abjad dan n sering digunakan juga dalam kata sehari-hari.
Anak-anak saya latih membaca vokal dan konsonan itu selama 3 hari. Hasilnya tergantung pada situasi dan kondisi yang dialami oleh masing-masing anak. Ada yang cepat bisa, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Hal ini dapat dipengaruhi daya ingat, latihan di rumah, dan ketekunan masing-masing anak.
Kalau ada pertanyaan, mengapa bukan huruf d yang ditulis sesudah huruf c, jawabannya agar anak tidak bingung menghapal antara huruf b dan d. Ini karena anak baru belajar permulaan. 
Untuk selanjutntnya yang saya ajarkan huruf a, i, u dan s, t, k. Atau Bapak/Ibu bisa memilih konsonan lain yang sekiranya mudah dihapalkan anak. Anak-anak yang mulai bisa mengeja biasanya terus belajar karena merasa penasaran merasa sudah bisa membaca. Bapak/Ibu dapat menambahkan kata-kata lain untuk memperkaya kosa kata anak-anak.
Demikian seterusnya setelah tiga hari diajarkan, dan anak telah bisa menghapal atau menguasai suku kata yang diajarkan, dilanjutkan dengan 3 vokal dan 3 konsonan yang lain. Sampai aksara a- z habis. 
Untuk lebih lengkapnya, berikut Bapak/Ibu dapat mengunduh contoh huruf-huruf yang saya ajarkan kepada anak-anak didik saya ketika mengajar di kelas 1. Bapak/Ibu bisa menubah urutan huruf sesuai keinginan jika urutan yang ada dirasa tidak pas. Silahkan unduh Belajar Membaca secara Sederhana.
Sekali lagi, anak-anak tidak sama kecepatan menghapalnya. Jadi waktu bisa disesuaikan dengan kemampuan mereka. Kalau lancar, insya Allah dalam waktu sebulan anak-anak sudah mulai bisa membaca kata-kata dengan suku kata konsonan-vokal, yang bisa memotivasi anak untuk melanjutkan membaca suku kata konsonan-vokal-konsonan dan seterusnya.
Terima kasih jika Rekan-rekan mau memberikan komentaršŸ™.







No comments:

Post a Comment