Minggu, 30 April 2017

Persiapan Akreditasi SD/MI 2017

Rekan-rekanku....
Sekolah yang akan diakreditasi, harus melakukan persiapan. Tentunya dilakukan serangkaian kegiatan supaya pelaksanaan akreditasi sekolah sukses.
Instrumen Akreditasi sekolah/madrasah ini terdiri atas delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan instrumen juga disusun dengan mengacu pada peraturan terkait lainnya. Standar nasional pendidikan tersebut meliputi: (1). standar isi, (2). standar proses, (3). standar kompetensi lulusan, (4). standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5). standar sarana dan prasarana, (6). standar pengelolaan, (7). standar pembiayaan, dan (8). standar penilaian pendidikan.

Adapun Perangkat Akreditasi SD/MI terdiri atas: (1) Instrumen   Akreditasi, (2)Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, dan (4) Pedoman Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi.
Setelah melakukan kegiatan sesuai petunjuk pada perangkat akreditasi siapkan seluruh bukti fisik yang dipersyaratkan dalam Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi SD/MI dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi SD/MI  yang  akan  digunakan  oleh Tim Asesor pada saat melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi saat pelaksanaan akreditasi. Berikut file/dokumen yang mungkin Anda butuhkan sebagai bagian dari persiapan akreditasi SD tahun 2017, saya peroleh dari mantan Pengawas SD saya yang baik hati dan tidak sombong (semoga dapat balasan dariNYA...), yang dapat Anda download :
      1.  Perangkat Akreditasi SD/MI 2017 (word)
  1. Instrumen Pengumpulan Data Dan Informasi Pendukung Akreditasi SD/MI (word)
  2. Contoh skor akreditasi SD/MI 2017 (excel)
Selamat melakukan persiapan, semoga sukses dalam pelaksanaan...

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama2, Pak. Senang bisa berbagi...
      Terima kasih telah berkunjung.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sama2, Pak. Smoga sukses akreditasinya...

      Hapus
  3. Terima kasih banyak, sangat membantu sekali buat sekolah kami yang mau akreditasi. semoga kebaikannya di balas Alloh SWT dengan pahala yang berlipat ganda.. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Trima kasih, Pak, smoga lancar akreditasinya, untuk kemajuan pendidikan kita. Makasih tlah berkunjung...

      Hapus