Majalah dan Buku Cerita Gratis

Rekan-rekanku...
Memperoleh bahan bacaan untuk anak-anak didik, di sekolah dasar, yang berada nun jauh dari kota, memerlukan perjuangan tak kenal lelah. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki sebuah sekolah dasar di desa, baik menyangkut sumber daya manusia, berupa para pendidik, tenaga kependidikan, maupun  anak-anak didiknya, atau sarana dan prasarana yang kadang dapat dibilang kurang memadai, membuat guru harus kreatif atau pintar memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada.


Seperti pendidik dan tenaga kependidikan misalnya. Boro-boro ada tenaga perpustakaan, tenaga gurupun bisa jadi masih kurang, sehingga seorang guru harus mengajar di dua kelas yang berbeda, yang diistilahkan mengajar kelas rangkap. Sebenarnya kalau ada tenaga perpustakaan, dimungkinkan anak-anak bisa meminjam buku bacaan secara tertib, dalam artian, mungkin hari ini buku dipinjam dibawa pulang, setelah dicatat oleh petugas perpustakaan. Kemudian, dua atau tiga hari kemudian buku tersebut dikembalikan lagi ke sekolah. Namun karena tiada petugas, kalau buku dipinjam dan dibawa pulang mungkin satu dua buku takkan pernah kembali, atau hilang.
Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan buku-buku yang bebas dipinjam tanpa khawatir tidak kembali, karena bisa dicetak lagi, sendiri, oleh guru, atau sekolah.
Ternyata, secara tak sengaja, saat saya berselancar di dunia maya, dan mencari buku cerita yang bisa diunduh gratis, kutemukan juga majalah anak-anak, remaja dan umum yang diunduh secara gratis. Majalah anak-anaknya bernama Kokikata. Nuansa nama majalah remajanya. Untuk majalah umum diberi nama Esensi. Sayangnya, yang kulihat penerbitannya berhenti sampai tahun 2015. Semoga nantinya dapat diterbitkan lagi. Meski majalah lama, kalau baru dibaca, itu jadi majalah baru. Apalagi kalau informasinya lintas waktu.
Lebih jelasnya, rekan-rekan dapat mengunjungi badanbahasa.kemdikbud.go.id
O ya, di sana juga bisa diunduh cerita-cerita anak SD, SMP maupun anak SMA.

Mari kita dukung anak-anak didik kita untuk gemar membaca. Setuju?