Diklat Guru Pembelajar Moda Daring

Rekan-rekanku...
Diklat guru pembelajar telah mulai dilaksanakan. Mendengar pengalaman dari seorang rekan, diklat yang perlu diperhatikan adalah moda daring. 
Diklat daring (dalam jaringan), sepertinya moda diklat yang baru bagi sebagian guru. Diklat yang sudah umum dilaksanakan biasanya berupa tatap muka. Pada tatap muka, peserta dan mentor atau pengampu dapat berkomunikasi secara langsung. Sedangkan pada moda daring, meski dapat berkomunikasi secara langsung, namun kadang berjeda. Maksudnya kadang antara pengampu dan peserta belum tentu online pada saat yang sama, sehingga pertanyaan atau perkataan ditanggapi pada waktu yang berbeda.
Ternyata dalam diklat daring guru pembelajar, banyak hal yang mesti dipersiapkan lebih dulu. Nantinya akan ditemui ikon2 yang punya arti masing-masing.
Dan hal lain yang berkaitan dengan pendidikan dan latihan guru pembelajar moda daring. 
Tapi jangan khawatir, semua hal itu akan dapat Anda lihat dan pelajari pada Buku Manual Peserta.
Buku tersebut dapat anda unduh di sini.
Selain buku tersebut, bagi Anda yang belum begitu mengenal atau menguasai dasar-dasar TIK, misal mengenal tentang microsoft word dan sebagainya, dapat mengunduh bukunya di sini.

Semoga dengan adanya buku-buku tersebut bisa menjadi bekal untuk mengikuti diklat guru pembelajar moda daring. Sukses selalu rekan-rekanku...