Skor Kelulusan Uji Sertifikasi Tahun Ini 80

Menurut Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarna Suryapranata, tahun ini, skor kelulusan uji sertifikasi nilainya menjadi 80.Tahun sebelumnya 42. Namun karena menurut Bank Dunia tidak ada perbedaan antara guru yang sudah sertifikasi maupun yang belum, maka skornya dinaikkan menjadi 80.
Terdapat perbedaan mekanisme dalam pelaksanaan sertifikasi guru tahun ini, di mana guru yang tidak lulus, dapat mengulang ujian sebanyak 4 kali.Menurutnya, hal ini telah disosialisasikan sejak beberapa bulan lalu, supaya tidak menimbulkan gejolak Penyelenggaraan ujian sertifikasi guru dilaksanakan awal Oktober 2016.
Menurut Rektor Universitas Negeri Jakarta, Djaali, kenaikan nilai kelulusan tersebut untuk meningkatkan kompetensi guru. (sumber : Antaranews, 16/09/2016).
Kelulusan sertifikasi guru tahun lalu, meliputi praktik mengajar (peer teaching), ujian lokal, dan ujian nasional. Masing-masing harus memenuhi nilai tertentu agar tidak mengulang(lulus).
Bagi rekan-rekan yang tahun ini mengikuti kegiatan sertifikasi guru, persiapkan segala sesuatu sebaik-baiknya. Untuk persiapan ujian tulis, download kisi-kisi yang sudah disediakan. 
Yang tak kalah penting, jaga kesehatan selama pelakanaan sertifikasi tersebut. Semoga sukses!