Lancar Membaca dengan Buku Cerita

Rekan-rekanku...
Membaca merupakan jalan pembuka memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya. Selayaknya anak-anak didik kita biasakan untuk gemar membaca sejak dini. Dengan banyak membaca minimal anak-anak akan dapat menambah kosa kata.Dengan membaca cerita, harapannya, ank-anak juga belajar mengerti isi yang ada dalam bacaan tersebut. Kadang ada anak yang lancar membaca, namun ketika ditanya isi bacaan, dia tidak paham. 
Bagi saya, guru SD yang berada di desa yang agak terpencil dari pusat kota, memiliki kesulitan berkaitan dengan penyediaan sumber bacaan untuk anak-anak. Untuk anak-anak kelas 1 dan 2 yang relatif baru menuju lancar membaca membutuhkan sumber bacaan yang pas sesuai kemampuan mereka. He3..., sebanarnya bisa juga sih, membeli majalah anak-anak bekas yang dijual di kota. Namun itu memerlukan anggaran yang cukup besar. Satu majalah bekas seharga kurang lebih 7 sampai 10 ribu.
Saat waktu istirahat atau sebelum pelajaran dimulai, anak-anak kadang menunjukkan buku cerita ukuran mini yang mereka beli dari penjual keliling yang mampir ke sekolah menjajakan macam-macam jualan, salah satunya berupa buku-buku cerita dalam bentuk mini. Setelah saya amati, buku-buku tersebut kebanyakan berisi cerita horor tentang mahluk halus yang menurut saya tidak mendidik. Untuk meminjam buku-buku perpustakaan milik sekolah, berhubung di sekolah saya belum ada petugas perpustakaan yang tugasnya mengurusi peminjaman buku dan sebagainya, hilir mudiknya anak-anak kelas 1 dan 2 saat  meminjam buku cukup merepotkan.
Untuk mengatasi hal itu hal sederhana yang dapat saya lakukan adalah memberi mereka buku cerita mini versi saya. Cerita-cerita binatang yang banyak terdapat di internet saya pilih untuk mengisi buku cerita mini. Tiap anak saya berikan 4 judul bacaan. Saya jelaskan kepada mereka bahwa nantinya untuk mereka bisa saling meminjamkan buku yang mereka miliki supaya dapat membaca cerita yang lain milik temannya.
Contoh buku bacaan mini yang saya buatkan untuk anak-anak didik saya, misalnya ini dan ini