Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018 di Propinsi Jawa Tengah

Rekan-rekanku...
Salah satu administrasi guru di sekolahku yaitu kalender pendidikan. Kalender pendidikan menjadi pedoman untuk menghitung waktu yang efektif digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, mengetahui hari libur(he3, ini nih, yang paling aku cari...😁), perkiraan pelaksanaan ulangan tengah semester, ulangan semester, saat terima rapot, dan sebagainya. Dengan tahu itu semua guru bisa menyusun administrasi yang akan dilaksanakan selama satu tahun pelajaran yang berlaku.

Seharusnya guru tahu kalender pendidikan ini saat awal tahun pelajaran, sehingga bisa digunakan untuk menyusun perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam satu tahun pelajaran tersebut.

Untuk pembuatan kalender pendidikan di sekolah atau di kabupaten/kota di Jawa Tengah ada pedoman penyusunannya, yang diperoleh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah.

Untuk tahun ini ada dua macam hari sekolah pada masing-masing jenjang sekolah, yaitu yang setiap minggu ada yang memberlakukan 5 hari sekolah, dan ada juga yang 6 hari sekolah.

He3, mesti aku telat posting pedoman ini, tapi biarlah, barangkali masih ada yang memerlukannya. Buat yang membutuhkannya, silahkan download Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018 Propinsi Jawa Tengah.