Sukses Imunisasi SD Kelas Bawah

Rekan-rekanku tercinta... 
Setiap tahun, pihak Puskesmas melaksanakan imunisasi di SD, khususnya di kelas bawah, yaitu kelas 1 dan 2. Selain itu, pada awal tahun pelajaran, petugas dari puskesmaspun melakukan pemeriksaan gigi, kuku, telinga dan sebagainya kepada anak-anak yang baru masuk SD, kelas 1 tentunya.
Sukses Imunisasi SD Kelas Bawah
Sukses Imunisasi SD Kelas Bawah
Untuk siswa-siswa kelas 1 di kota, mungkin bertemu atau berinteraksi dengan tenaga medis; dokter, bidan atau perawat bukan peristiwa yang menakutkan, atau hal biasa. Namun tidak bagi anak-anak didikku di kelas 1(beberapa tahun yang lalu), yang berada di desa terpencil. Bila tidak dipersiapkan, bisa-bisa pada saat bidan datang ke sekolah datang untuk melakukan skrining, memeriksa gigi, mengukur tinggi badan, berat badan dan sebagainya,   walau tidak dilakukan suntikan , suara tangisan yangbersahut-sahutan akan terjadi, atau kegaduhan dapat berlangsung, yang pasti akan mengganggu kelancaran pemeriksaan tersebut. Bila hal itu terjadi, saat waktu mendatang diadakan imunisasi, akibatnya bisa jadi banyak anak yang tidak berangkat, karena takut disuntik. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, ketika jadwal skrining telah dibagikan ke sekolah, anak-anak didikku diajak bercerita tentang kegiatan yang berhubungan dengan hal itu, misal tentang kebersihan kuku, gigi dan sebagainya. Dan saat pelaksanaan, sebagai rasa terima kasih atas ketertiban mereka, saya bagikan sekedar jajan. Biasanya anak-anak akan gembira, dan seakan lupa beberapa saat sebelumnya sempat deg-degan bertemu bidan atau petugas puskesmas yang memeriksa.
Sukses Imunisasi
Sukses Imunisasi
Demikian juga, saat suntikan imunisasi diadakan, baik campak, DT atau TT, saya akan melakukan hal yang sama, yaitu memberi jajan sesudah pelaksanaan imunisasi, sehingga anak-anak lupa rasa sakit saat disuntik. Alhamdulillah hampir setiap dilakukan imunisasi selalu berjalan lancar. Kata seorang bidan yang pernah mendapat tugas imunisasi disekolahku, kata beliau : tidak gaduh.Bagaimana rekan-rekan, pengalaman imunisasi di sekolah Anda? Silahkan berkomentar.