Peran Operator Sekolah dalam Akreditasi Sekolah

Rekan-rekanku ...
Saya belajar menulis lagi , setelah cukup lama tak sempat(he3, sok sibuk ni yee..!).
Maklum, sebagai guru amatiran, terpaksa giat bekerja hanya saat ada penilaian saja☺. Semoga hal itu dialami olehku saja, tidak terjadi pada rekan-rekanku tercinta.
Padahal, administrasi yang tampaknya sepele, kalo terkumpul selama beberapa minggu, beberapa bulan, ya akhirnya bikin kepala nyut2an☺.

OK, daripada ngomong panjang lebar dan gak jelas, mendingan saya lanjutkan menulis peran operator sekolah dalam pelaksanaan akreditasi sekolah. Itu baru saya ketahui saat Pengawas SD kami berkunjung sebelum pelaksanaan visitasi.
Ternyata operator mesti berkunjung dan registrasi Sispena (Sistem Penilaian
Akreditasi Sekolah dan Madrasah.)

Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.
Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.
Ketika pertama kali masuk kedalam halaman login. Sistem akan langsung menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah.
 
Isilah Form tersebut dan ubahlah password. user anda tetaplah NPSN dengan password atau kata sandi yang sudah dirubah untuk bisa mengakses dan masuk kembali kedalam sistem ini nantinya.
Setelah selesai mengisi lengkap Profile Sekolah. Selanjutnya akan akan masuk ke area penilaian evaluasi diri.
Dalam tabel sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian evaluasi diri sekolah, memasukkan IPDIP sekolah, mengunggah prasyarat akreditasi, photo pendukung serta Kartu Kendali.
 
Langkah awal selanjutnya adalah Klik tombol menu untuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.
Akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan

 
Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data PTK, pernyataan pemberlakuan kurikulum, Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana.
Untuk merubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik  lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya klik Input Evaluasi Diri
 
Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada standar isi.
 
Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.
Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.

Demikianlah tugas yang harus dikerjakan sekolah yang akan melaksanakan akreditasi, yang pada umumnya diserahkan pengerjaannya kepada operator sekolah.
O ya, sekolah juga harus mengupload foto-foto kegiatan dan sarpras yang ada di sekolah, jadi harus disiapkan juga.
Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh Panduan Sispena.
Semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya, serta sukses akreditasinya...